Selasa, 12 April 2011

Tips memancing ikan nila dengan lumut

Sebelumnya silahkan baca artikel saya yang kemaren klik disini. Nah setelah anda sudah tahu bagaimana memilih lumut yang tepat sekarang saya akan membagi tips untuk memancing ikan nila dengan lumut.

Ceritanya minggu lalu saya memancing di daerah bendungan selorejo, malang. Berangkat sudah kesiangan karena baru pulang lembur. Kira-kira saya berangkat pukul 09.30 nyampe sana pukul 10.30. Langsung saja cari tempat yang saya rasa cukup enak,sayang tempat yang biasanya saya tempati sudah keduluan orang. Kebetulan saat itu cuaca kurang bersahabat dengan para pemancing, anginya gede, ombak gede, cuaca mendung pula.

Sampai pukul kira2 jam pukul 13.30 sama sekali ikan gak mau makan. Berbagai strategi sudah saya pakai tapi tetep ikan nila gak mau nyenggol. Akhirnya strategi terakhir. Lumut saya kasih shampo lifebuoy warna hijau, hasilnya pelampung mulai goyang ditarik ikan, sayang yang makan ikan nila yang masih baby. Kira2 sekitar pukul setengah empat baru mbok-mboknya ikan nila mulai makan, sayang sudah waktunya pulang. Hasil akhirnya saya dapat 3 ekor ikan nila gede-gede...

Trus kemarin saya berangkat lagi ke tempat yang sama, dan saya coba terapkan strategi seperti minggu lalu. hasilnya saya dapat 8 ekor ikan nila besar, yang lainnya ikan nila kecil kira-kira empat jarian. Gambar ada dibawah:

Nah buat anda yang hobi mancing ikan nila dengan umpan lumut coba anda terapkan strategi diatas, moga moga anda sukses dapat mboknya ikan nila..
Tapi ingat kasih shampo lifebuoy warna hijau kira-kira seperlima dari satu saset untuk satu baskom kecil. Bilas sekali saja lumut sehingga bau wangi shampo tetap menempel.

Umpan pelet untuk memancing ikan nila

Memancing ikan nila dengan pelet biasanya dilakukan di kolam atau sungai. Untuk pelet bisa memakai pelet serbuk atau pelet yang dlm bentuk bundar kecil. Nah untuk memancing sebelumnya pelet harus diolah dulu agar liat dan kenyal supaya bisa dipasang di pancing. Pengolahan pelet untuk memancing cukup mudah dan gak perlu campuran apa-apa, karena pelet sendiri baunya sudah cukup menggoda nila.

Cara pembuatan umpan pelet:
- Untuk pelet yang dalam bentuk serbuk pembuatannya cukup mudah cukup campur dengan air secukupnya, kemudian remas-remas hingga dirasa cukup kenyal dan gak akan mudah hancur jika kena air kolam/sungai.
- Untuk pelet dalam bentuk bulatan cara pembuatannya adalah masukkan pelet ke dalam air panas kurang lebih 1 menit, hingga pelet sudah sedikit mengembang, kemudian tiriskan. Setelah itu diamkan sejenak nanti dengan sendirinya pelet akan mengembang. Setelah mengembang remas pelet hingga liat.

Cara pemasangan umpan pelet:
Ambilah pelet yang sudah liat secukupnya, buatlah bulatan kecil dan pasanglah pada kail hingga kail tertutup pelet. Jika anda memancing disungai sebaiknya buatlah bulatan2 yang agak besar, hal ini dikarenakan disungai biasanya banyak ikan2 kecil. Nah umumnya pelet sangat disukai ikan2 kecil, seperti wader, sedaker, uceng, gatul dll, jadi ketika diserang ikan-ikan kecil ini pelet tidak mudah habis. Biasanya ikan nila tertarik mendekat bila melihat kumpulan ikan kecil berebut makanan. Jadi ketika pancing terasa ada tarikan kuat, segera tarik pancing semoga anda mendapat ikan nila.

Minggu, 03 April 2011

Waktu Yang Cocok Untuk Memancing Nila

Biasanya neh ane mancing ikan nila dari mulai subuh berangkat sampai sore sekitar jam 16.00. Biasa dapat satu kiloan atau lebih. Nah biasanya ane dapetnya mulai jam 6 pagi sampe jam 9, habis tu ikan nilanya mulai istirahat kekenyangan kali ya, ato kali ma mboknya disuruh pulang bobo dulu, biar cepet gede. Nah selanjutnya gantian mboknya yang pesta, mulai jam 10.00, tapi mboknya nila kayaknya malu2 kucing, jadi biasa ga dapet banyak mboknya nila. Habis itu gantian mboknya yang istirahat, anaknya yang udah bangun disuruhnya maen2 dulu. Mulai jam 2 siang barulah mboknya bangun ngajak rekreasi si baby nila. Sambil pesta makan lumut ane, tapi sayangnya si anak2 nila yang sering kali semangat pesta lumut, mboknya agak males jadi cuma sekali2 nyicipi lumut ane.
Tapi menurut pengalaman ane, mboknya ikan nila suka sekali makan setelah hari hujan, apalagi habis hujan muncul panas, wuih ane bisa dapat buanyak ikan. Oh ya ane biasa mancingnya di bendungan selorejo malang, di lokasi rekreasi, cos ane ni wong blitar.
Nah buat sobat semua yang pengen dapet banyak ikan nila, mancinglah ketika panas setelah hujan, dijamin ikan nila pada laper. Dengan catatan pakailah lumut yang super.:-)